Wednesday, June 17, 2009

Booking Tiket Pesawat Lewat Internet

Libur sekolah telah tiba. Operator transportasi pun kebanjiran penumpang, mulai angkutan darat laut maupun udara. Kecuali feri Ujung-Kamal yang jelas sepi penumpang, karena jembatan Suramadu sudah diresmikan... :)

Bagi yang ingin liburan naik pesawat, berikut ini tips ringan untuk memesan tiket pesawat secara online lewat internet. Silahkan kunjungi situs-situs resmi airlines. Antara lain yaitu:
- Garuda Indonesia
- Lion Air
- Mandala
- Batavia Air
- Sriwijaya Air
- Air Asia
- Citilink

Perusahaan airlines di atas sudah menyediakan layanan booking tiket secara online, jadi tidak perlu repot pesan di agen, bayarnya bisa menggunakan ATM atau kartu kredit. Langkah-langkah booking:

Langkah 1: kunjungi salah satu situs airlines di atas yang menyediakan rute liburan anda. Pilih rute keberangkatan dan tujuan, masukkan jumlah penumpang, serta tanggal keberangkatan. Kemudian akan muncul base fare untuk masing-masing kelas penerbangan. Base fare belum termasuk fuel surcharge dan pajak. Jadi jangan tertipu kalau sekilas melihat tarifnya murah sekali, biasanya itu tarif base fare. Tarif total akan muncul jika anda memilih salah satu tarif di kelas yang anda inginkan dan melanjutkan ke langkah selanjutnya. Termasuk jika ada iklan tarif tiket di media yang murah-murah, itu juga tarif base fare. Kalau yang tarif totalnya benar-benar murah, turunnya di laut... (just kidding).

Langkah 2: masukkan data penumpang yang akan berangkat.

Langkah 3: catat kode booking untuk melakukan pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan menggunakan ATM, internet banking maupun kartu kredit. Yang paling bisa diandalkan pembayaran lewat ATM. Saya pernah coba bayar lewat internet banking, sudah saya masukkan kode booking, tapi harga tidak keluar, tapi waktu saya coba di ATM di bank yang sama berhasil. Sedangkan pembayaran menggunakan kartu kredit dibatasi persyaratan, pemilik kartu kredit harus menjadi salah satu penumpang, karena waktu cek in kartu kredit harus ditunjukkan. Bukti pembayaran jangan sampai hilang karena harus ditunjukkan saat cek in.

Tips:
  • pilihlah hari keberangkatan di tengah minggu, karena biasanya tarif termurah ada di tengah minggu. Awal dan akhir pekan merupakan peak load penumpang.
  • bandingkan tarif antar airlines untuk mencari tarif termurah.
  • jika ingin memperoleh tarif termurah maka tunggulah saat airlines mengeluarkan promo.
  • jika seat sudah habis, atau tarif yang murah sudah habis, coba bersabar sedikit, buka lagi situs airlines lain waktu. Ada kemungkinan penumpang yang sudah memesan melakukan pembatalan sehingga masih ada seat tersisa.

Selamat berlibur.

No comments:

Post a Comment