Tuesday, June 23, 2009

Kasak-kusuk Pilpres - 1

Indonesia sedang demam pilpres, setelah 'kurang begitu sukses' dengan pileg. Sudahkah anda menentukan capres pilihan? Jika belum berarti sama dengan saya, meskipun partai pilihan saya di pileg sudah mendukung satu pasangan, tetapi kali ini sepertinya saya tidak akan sependapat dengan partai tersebut.

Seperti apakah kriteria capres pilihan anda? Ok, kali ini saya akan berbagi mengenai kriteria capres dambaan saya. Cukup sederhana, saya hanya punya 2 kriteria untuk capres.
  1. Pemimpin yang tidak ingin dipilih. Pernahkah dalam kampanye, ada capres yang mengatakan "Jangan pilih saya! Sekali lagi jangan pilih saya! Sata takut dimintai pertanggungjawaban nanti di akhirat." Pasti yang dikatakan adalah sebaliknya, "lanjutkan" atau "lebih cepat lebih baik"... :)
  2. Pemimpin yang berperut tidak buncit. Saya usul kepada KPU supaya pada saat pendaftaran capres, dimasukkan pengukuran lingkar perut. Lingkar perut ini bagi saya mempunyai makna yang dalam. Seorang yang berperut buncit berarti adalah orang yang berlebih-lebihan, paling tidak dalam hal makan. Artinya dia tidak dapat mengendalikan nafsunya. Dalam cerita pewayangan, seorang ksatria selalu dilambangkan dengan tokoh yang berperut ramping, sedangkan tokoh yang berperut buncit adalah raksasa atau tokoh jahat.
Barangkali kriteria saya tidak masuk akal dan mengada-ada. Tapi sebagai warga negara saya berhak untuk mengungkapkan pendapat saya. Jika tidak ada capres yang memenuhi dua kriteria tersebut, mungkin saya tidak akan menggunakan hak pilih saya.

2 comments:

  1. walah ya mbok lha jangan sampe nggak milih to...itung2 having fun aja....wong capresnya aja ga da yg serius kok...ini buktinya:

    SBY=saya becanda yaa...
    JK=just kidding...
    MEGA=maap emang garing...

    hehehe..slm kenal..maen2 ke blog kami ya...

    ReplyDelete