Tuesday, June 16, 2009

Mengganti Busi Avanza

Mobil MPV Toyota Avanza merupakan salah satu mobil yang populer dan laku keras di Indonesia. Terdapat bebarapa varian Avanza: transmisi manual dan otomatis, serta kapasitas mesin 1300 dan 1500 cc. Keluaran terbaru selain dilengkapi sistem EFI (Electronic Fuel Injection) untuk menyuplai bahan bakar ke ruang bakar juga sudah dilengkapi dengan sistem VVTi (Variable Valve Timing Intelligence), yaitu sistem cerdas yang mengatur waktu membuka dan menutupnya katup pada mesin.

Kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara mengganti busi pada mobil Avanza tipe G VVTi dengan mesin K3-VE (1298 cc). Menurut buku manual dari pabrik, penggantian busi sebenarnya dilakukan setiap 20.000 km. Tetapi karena satu dan lain hal bisa saja busi melemah/mati sebelum waktu penggantian. Seperti yang terjadi pada kasus saya, terjadi pada km 17.700. Awalnya saya tidak menyadari bahwa terjadi masalah pada busi. Pada saat mesin di-start, terdapat getaran aneh yang tidak biasa dan knalpot nembak-nembak. Waktu dipake jalan tenaganya hilang. Hal ini disebabkan karena mesin pincang. Saya sempat konsultasi dengan teman yang lebih berpengalaman, disuruh untuk memeriksa mungkin ada kabel atau selang-selang yang kendor. Setelah saya periksa, hasilnya nihil semua beres. Terus kemudian disuruh untuk mengecek busi.

Sebelum memulai, kita siapkan peralatan yang dibutuhkan. Semuanya ada di toolbox (sebenarnya bukan box karena bentuknya kantong dari kain seperti dompet) yang disertakan oleh pabrik di semua mobil baru. Yaitu: obeng plus, kunci pas nomer 10, kunci busi dan pemutarnya yang berbentuk L. PERHATIAN: Jangan membuka busi pada saat mesin masih panas, karena bisa menyebabkan ulir rusak dan lanas.

Langkah 1: buka kap mesin. Lepaskan kotak filter udara di atas mesin. Kotaknya berwarna hitam dan ada tulisan EFI dan VVTi di atasnya. Ada 3 baut penahan kotak yang harus dilepas dengan kunci 10, kemudian 1 baut dengan obeng plus yang menahan klem pipa saluran udara. Masih ada 3 soket kabel sensor yang menempel di kotak yang harus dilepas juga. Soket kabel dilepas dengan memencet klip pengunci dan tarik, jika agak susah, goyang sedikit sambil ditarik. Ada salah satu kabel yang dipasang menggunakan 2 baut no 10.

Langkah 2: setelah kotak filter udara dilepas, akan terlihat 4 buah plug busi. Kita harus melepas soket kabel plug satu-persatu. Caranya sama persis seperti mencabut soket pada langkah 1: pencet klip pengunci dan tarik, jika agak susah, goyang sedikit sambil ditarik. Kemudian lepaskan baut penahan plug menggunakan kunci 10. Lalu tarik plug busi. Kemudian buka busi menggunakan kunci busi, menggunakan pengungkit berbentuk L. Tidak disarankan menggunakan besi yang lebih panjang, karena momen gaya akan jadi lebih besar. Untuk membuka putar berlawanan arah jarum jam. Jika agak keras, coba minta tolong tukang kebun yang tenaganya besar :). Kalau tidak ada tukang kebun, coba tarik nafas dalam-dalam dan tahan nafas waktu memutar kunci... :).

Langkah 3: periksalah keadaan busi lama. Punya saya terlihat ada satu busi yang basah, kemungkinan ini adalah busi yang bermasalah, karena tidak mampu membakar semua bahan bakar yang masuk. Meskipun terindikasi cuma satu busi yang rusak, lebih baik mengganti semua busi. Mesin ini menggunakan busi Denso XU22PR9 atau NGK DCPR7EA-9. Supaya tidak salah beli busi, bawa busi lama ke toko sparepart. Terakhir saya beli untuk merk Denso satu harganya 22,5 ribu, berarti total empat harganya 90 ribu. Perhatikan gap elektroda busi, anjuran pabrik adalah 0.8-0.9 mm. Busi baru bisa langsung dipasang, jangan sampai jatuh, semisal jatuh harus dipastikan jarak gap elektroda.

Demikian tips ringan ini semoga bermanfaat.

26 comments:

  1. Serius mas soalnya avanza ku susah di starter?

    ReplyDelete
  2. Apa kabel arus akinya tidak dilepas terlebih dahulu bro ?

    ReplyDelete
  3. nice post. nambah2 pengalaman bos ..
    ijin copas ya..

    ReplyDelete
  4. Ada yang kelewat, langkah awal lepaskan Fuse EFI deretan kiri baris ketiga (warna biru angka 15). Untuk lebih jelas letaknya dimana cek pada tutup Fuse, sedangkan untuk melepaskannya gunakan SST yang ada pada box fuse (warna putih).

    ReplyDelete
  5. Busi yg cocok dg AVANZA G 2006 ADL DENSO K20PR-U, sy sdh coba pakai K20P-U, hasilnya NGADAT

    ReplyDelete
  6. Makasih postingannya kayaknya mobil saya masalah jg di busi

    ReplyDelete
  7. SAYA PUNYA MOBIL TOYOTA AVANZA TYPE G TAHUN 2004, LAMPU ENGINE MENYALA PADAHAL UDA DI CEK BUSI, INJEKTOR, KABEL2, MANIPOL, SARINGAN BENSIN JUGA, BAHKAN ECU JUGA SEMUA BAGUS! TAPI TETAP AJA LAMPU CEK ENGINENYA NYALA! AWALNYA HANYA MENGGANTI KARET KOP KEPALA MESIN DOANG! KARNA OLINYA ADA KELUAR2! MOHON BANTUANNYA!!! AKIBAT LAMPU INDIKATOR MESIN MENYALA MEMBUAT GAS/RPM nya PADA MESIN NAIK TURUN ATAU BREBET.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo engine cek nyala, coba (-) baterai d lepas slama 11 detik lalu pasang kembali, inisialisasi kontak on 5 detik off 15 detik, lalu langsung starter mobil anda insya'allah engine cek akan mati. Smoga bermanfaat.

      Delete
    2. Tpi kalo tetep nyala, coba scann mobil anda, sapa tau ada sensor yg sudh rusak dan harus d ganti

      Delete
  8. apa penyebab mobil saya avanza G 1300 cc tahun 2006 pincang saat gasnya di rpm 1

    ReplyDelete
  9. Mobil saya kalau hidup AC tenaganya hilang bahkan seperti tersedat jalannya tipe avanza 2010, saringan minyak bagus, busi baru ganti, kira-kira apa ya penyebabnya ?..

    Terimakasih bantuannya

    ReplyDelete
  10. @hijri , Mobil saya juga prnah kejadian sama klo idup AC tenaga hilang dan mobil sukat tersedat lalu saya bawa ke auto2000 katanya rusak di bagian elektrik yg ada dlm dasboard nya setelah di perbaiki juga hasilnya sama aja tenaga tetap gk ada dan akhirnya mobil lgsung saya jual aman deh ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ujung-ujungnya di lego juga...huuufff...
      Hehehehe

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Kasian yang beli dunk

    ReplyDelete
  13. Aku pny avanza tahun 2007 kmrin ganti busi pas dibuka Busi nomor 3 basah oli..aku pnya asumsi krn aku kmrin ganti busi raching dan pernah kelebihan oli mesin..tp kata mekanik katanya seal businya dah KO..mohon infonya?

    ReplyDelete
  14. mohon bantuan clearance valve avanza 1,3 vvti berpa ya?

    ReplyDelete
  15. mohon bantuan clearance valve avanza 1,3 vvti berpa ya?

    ReplyDelete
  16. Thank"s banget mas Broo petunjuknya

    ReplyDelete
  17. Trims utk tipsnya, sangat membantu dan jelas.

    ReplyDelete
  18. Memang betul celah katup busi hrs diperhatikan. Karena terlalu renggang ato terlalu rapat, berpengaruh k tenaga mbl.

    ReplyDelete
  19. Memang betul celah katup busi hrs diperhatikan. Karena terlalu renggang ato terlalu rapat, berpengaruh k tenaga mbl.

    ReplyDelete
  20. pak sy mau tny mobil sy avanza veloz.cm salah ganti oli kemanual.aturan kan harus oli matic jadinya mesin mobil sy bunyi2 terus.klu diperbaiki sekitar berapa knk harganya pak mksh

    ReplyDelete
  21. Mobil saya baru ganti busi awal nya normal tapi setelah jalan -+100km ngadat lagi... Kenapa ya? Mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  22. Mobil saya sering tidak mau di stster kalo pagi dan biasax klo habis berhenti lalu di stster ualang ngak mau nyala lagi cek aki aki masih kuat teganganx masalahx sebenarx apa ka 😢😢😢😢

    ReplyDelete
  23. Terimah kasih atas petunjuknya,

    ReplyDelete